Kamis, 11 Agustus 2016

Jahe, Ginger, Zingiber officinale (Rempah Masakan)

Jahe, Ginger, Zingiber officinale (Rempah Masakan)
Jahe, Ginger, Zingiber officinale (Rempah Masakan)


Rempah yang satu ini, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe diperkirakan berasal dari daerah India. Tetapi ada pula yang meyakini bahwa rempah ini berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India tadi, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. 

Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.


Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Jahe bisa digunakan untuk minuman, dalam masakan jahe berfungsi untuk aroma masakan.

Cara terbaik dalam melakukan penyimpanan terhadap rempah yang satu ini yakni dengan membungkusnya dengan kertas kemudian masukan ke plastik, dan simpan didalam lemari es.
Load disqus comments

0 comments