Senin, 11 Juli 2016

Peluang Bisnis Batagor Bangor



KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS “BATAGOR BANGOR“
AMIKOM Yogyakarta


DISUSUN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN TUGAS KULIAH LINGKUNGAN BISNIS

OLEH:
TAUFIK ROMADHON
15.11.9202
S1TI-11

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA (TI)






ABSTRAK

Karya ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk memberi informasi kepada pembaca dalam membuat atau menghasilkan uang dengan cara membuat bisnis kecil sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Sekarang ini tidak banyak orang yang yang kreatif dalam menciptakan inovasi baru. Dalam karya ilmiah ini, akan dibahas tentang pengelolaan Batagor Bangor. Walaupun Batagor merupakan jajanan yang terbilang sudah taka sing lagi, kami menemukan inovasi baru di dalam berbisnis.
Bisnis ini masih belum banyak yang mengikuti,karena ini merupakan inovasi baru. Yang mana pada umumnya, Batagor dijajakan dengan tanpa memiliki tingkat kepedasan tertentu, namun disini kami terinspirasi untuk membuat kreasi baru dalam bisnis ini. Jika bisnis ini ditekuni dan diniati, maka akan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. 
Peluang usaha Batagor Bangor ini dapat diawali dengan modal yang sedikit dan dapat memperoleh hasil yang besar. Minat masyarakat terhadap jajanan Batagor masih cukup besar. Hal ini terlihat dari maraknya pusat perbelanjaan yang menyediakan kuliner cemilan ini di tempat makan mereka. Ketika metode penjualan dilakukan dengan gerobak dorong tentunya sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah, anak pelajar dan mahasiswa pun dapat menikmatinya. Namun bila anda mengemasnya dengan baik tentunya Anda bisa menentukan target pasar menengah ke atas. Dengan adanya karya ilmiah ini semoga bermanfaat bagi pembaca yang berminat mengelola Batagor sebagai peluang usaha yang menguntungkan.   




ISI


Dalam karya ilmiah ini saya akan membahas peluang usaha Batagor Bangor yang menguntungkan. Sebelum memulainya saya akan menjelaskan mengapa saya memberi nama bisnis ini dengan Batagor Bangor. Sebagaimana pengetahuan kita, Batagor merupakan jajanan khas asal kota bandung yang biasa disajikan dengan bumbu kacang, kecap, perasan jeruk nipis, dan saus sambal. Namun menurut hasil observasi penulis, citarasa sambal pada batagor sangatlah berbeda antara penjual yang satu dengan yang lainya. Seperti dengan masyarakat Indonesia yang umumnya menyukai makanan pedas, penulis terinspirasi untuk berkreasi agar batagor dimasak dengan level kepedasan yang bias dipesan oleh siapa saja. Maka dari itulah, terfikirkan ide peluang usaha Batagor Bangor.
Kata Bangor sendiri, diambil dari bahasa betawi (suku asli ibukota RI)  yang berarti Nakal. Nakal disini, merepresentasikan citarasa pedas yang akan didapat penikmat Batagor Bangor  ketika menyantap cemilan istimewa yang satu ini. Dibalik itu semua, jajanan inipun memiliki nilai gizi. Dibawah ini telah penulis sajikan datanya. 

Nilai Gizi Batagor
Menurut publikasi hasil riset fatsecret.co.id, satu porsi batagor seberat 200 gram umumnya mengandung kandungan gizi sebagai berikut:
Energi 327 kkal
Lemak 17 gram
      o  Kolesterol 75,9 mili gram
Protein 16,1 gram
Karbohidrat 29,3 gram

Bila diringkas, pada setiap 1 porsi batagor menghasilkan kalori yang terdiri dari 46% lemak, 35% karbohidrat, serta 19% protein. (untuk AKG dari 2.000 kalori)



Resep Batagor Bangor

Bahan Utama Batagor:
  • 150 gram ikan Tenggiri. Bersihkan, kukus sebentar, cincang.
  • 150 gram daging Ayam. Bersihkan, goreng sebentar, cincang.
  • Kulit pangsit goreng 9 lembar.
  • Tahu putih ukuran besar 5 buah (dipotong diagonal bentuk segitiga).
  • Tepung kanji/tapioka 6 sdm.
  • Daun bawang 1 batang (rajang halus).
  • Minyak wijen 3 sdm.
  • Garam secukupnya.
  • Telur 1 butir.
  • Minyak goreng secukupnya.


Bahan Membuat Bumbu Kacang / Sambal Bangor Level 1:
  • kacang tanah 100 gram goreng, dihaluskan.
  • Cabai merah 4 buah disangrai dan dihaluskan (untuk level 0 tanpa cabai, naik 1 level tambahkan 2 cabai).
  • Air hangat 125 ml.
  • Gula pasir 1 sendok makan.
  • Cuka 1 sendok makan.
  • Garam 1/2 sendok teh.


Bahan Pelengkap Batagor Bangor:
  • Air Perasan Jeruk Nipis secukupnya.
  • Sambal Bangor yang disesuaikan tingkat kepedasanya dari level 0 – level 7.


Langkah Persiapan:

Cara Membuat Adonan Isi batagor :
  • Kocok telur kemudian campurkan semua bahan seperti daging ikan dan ayam yang telah dicincang, tepung tapioka, minyak wijen,  rajangan daun bawang dan garam. 
  • Adonan yang sudah tercampur diaduk aduk rata (Diuleni) hingga adonan bisa dibentuk. Keruk isi tahu untuk diisi dengan sambal bangor serta adonan tersebut.

Cara Membuat batagor pangsit :
  • Ambil kulit pangsit, letakan adonan yang telah jadi ke tengah-tengah kulit pangsit, beri sedikit sambal bangor, tekuk membentuk segitiga.



Cara Membuat Bumbu Kacang Batagor:
  • Kacang yang telah digoreng dicampurkan dengan cabai goreng, gula, garam dan cuka ditumbuk hingga tercampur rata. 
  • Jika diperlukan, tambahkan dengan air hangat untuk agar tidak terlalu kental. 
  • Agar bumbu kacang lebih awet dalam menggoreng/ mengsangrai biarkan sampai minyaknya keluar. 
  • Supaya bumbu berwarna tidak terlalu pucat bisa ditambahkan dengan kecap manis.



Langkah Memasak Resep Batagor Bangor: 
  • Goreng tahu isi dan batagor pangsit isi sampai harum dan berwarna kecoklatan lalu Angkat dan tiriskan.
  • Untuk menyajikan potong batagor menjadi 2 atau 3 bagian (sesuai selera) letakan di piring saji bersama sambal Bangor. Siram dengan bumbu kacang diatasnya. Batagor Bangor enak dan gurih siap dinikmati.





Peluang usaha Batagor Bangor  walaupun diawali dengan modal yang terbilang sedikit, namun dapat memberikan hasil yang menguntungkan. Hal tersebut dapat terwujud karena permintaan akan cemilan Batagor Bangor cukup besar, pangsa pasarnya masih cukup luas dan beragam. Kalau Anda menjualnya dengan gerobak dorong tentunya sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah, namun bila Anda mengemasnya dengan baik tentunya Anda bisa menentukan target pasar menengah ke atas. Apalagi kalau Anda punya sepuluh gerobak dorong untuk berusaha, Anda bisa menjadi juragan usaha Batagor Bangor. 
Tetapi, untuk memulai sebuah usaha mulailah dengan yang kecil dulu, selami dan pahami karakteristik usaha Batagor Bangor. Bilamana tidak punya gerobak dorong, mulailah dari rumah Anda sendiri. Kenalkan produk Anda ke teman-teman dekat, tetangga-tetangga Anda, seluruh tetangga di kampung, tentunya mereka harus mengeluarkan uang untuk membeli produk Batagor Bangor Anda.   
Perlahan, ketika Batagor Bangor Anda sudah dirasa siap, anda bisa mulai dengan berjualan dengan menggunakan model waralaba. Dengan tak lupa mengurus izin dagangnya di instansi terkait tentunya.
Mengenai harga, Anda bisa survey harga ke pasar dan toko-toko terdekat, saat ini harga Batagor di pasaran per kemasan bervariasi dari Rp.5.000,- perporsi hingga Rp.10.000,-, tergantung dari target pasarnya. 
Tidak semua hal dapat saya deskripsikan dengan sempurna dalam karya tulis ini. Saya melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang saya miliki. Saya bersedia menerima kritik dan saran dari pembaca yang budiman. Saya akan menerima semua kritik dan saran tersebut sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki karya tulis saya di masa datang. Sehingga karya tulis berikutnya dan karya tulis lain dapat diselesaikan dengan hasil yang lebih baik.   

Referensi:
Special Link:
www.amikom.ac.id

Load disqus comments

0 comments